Merawat kondisi aki kering mobil memang terbilang sangat penting dilakukan, terlebih bagian aki mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada sebuah mobil. Namun, ternyata ada cara mudah untuk melakukan perawatannya, loh.
Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama. Untuk itu, aki wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil.
Untuk menjaga performa aki agar tetap optimal salah satunya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Pasalnya rutinitas ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil.
Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan memberi pasokan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kurang daya.
Periksa secara berkala.
Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.
Melakukan pengisian ulang.
Jika Anda menggunakan jenis aki kering atau maintenance free, maka cara menjaga voltase adalah dengan melakukan pengisian ulang (charging) kalau tegangannya sudah di bawah 12 volt. Namun, pada praktiknya, terkadang perlu melakukan pergantian aki secara keseluruhan jika memang sudah tidak bisa menyimpan daya.
Hindari Beban Aki Berlebih.
Aki memiliki beban daya sesuai kapasitasnya, usahakan tidak memberikan beban berlebih pada aki seperti memasang perangkat yang membutuhkan beban listrik terlalu banyak.
Dengan menghubungkan anda langsung dengan ponsel sales consultant kami. Sederhana, aman dan nyaman, Kami adalah cara digital untuk mendapatkan konsultasi Anda tentang produk terbaru.
All New Ertiga Hybrid |
|
HYBRID GA MT | IDR 228.400.000 |
HYBRID GL-MT 2 | IDR 251.800.000 |
HYBRID GL. AT | IDR 262.800.000 |
HYBRID GX - I47 | IDR 273.700.000 |
Sport MT HYBRID GX-AT | IDR 284.700.000 |
Sport AT HYBRID SS I47 | IDR 284.600.000 |
Sport AT HYBRID SS AT | IDR 295.600.000 |
Grand Vitara |
|
GL AT | IDR 359.400.000 |
GX AT | IDR 384.400.000 |
GX Two Tone | IDR 387.400.000 |
Jimny |
|
MT | IDR 443.900.000 |
AT | IDR 457.500.000 |
MT (2TONE) | IDR 460.500.000 |
AT (2TONE) | IDR 425.100.000 |
New APV |
|
Blind Van High Ab | IDR 178.600.000 |
GE PS MT AB | IDR 218.400.000 |
Gl MT AB | IDR 226.500.000 |
GX MT AB | IDR 240.500.000 |
SGX MT AB | IDR 243.700.000 |
R15 MT AB | IDR 264.200.000 |
R17 MT AB | IDR 268.300.000 |
New Baleno |
|
MT | IDR 265.500.000 |
AT | IDR 281.400.000 |
MC 9 INCH | IDR 284.500.000 |
New Carry Pick Up |
|
PU FD | IDR 166.500.000 |
PU FD AC PS | IDR 174.500.000 |
PL WD | IDR 167.500.000 |
PU WD AC PS | IDR 175.500.000 |
New Ignis |
|
GX MT | IDR 212.000.000 |
GX AT | IDR 222.000.000 |
GX MT 2 TONE | IDR 214.000.000 |
GX AT 2 TONE | IDR 224.000.000 |
S-Presso |
|
Spresso MT | IDR 168.300.000 |
Spresso AT | IDR 178.300.000 |
XL7 Hybrid |
|
ZETA MTI | IDR 256.100.000 |
ZETA AT | IDR 267,100,000 |
BETA MT Hybrid | IDR 283.900.000 |
BETA AT Hybrid | IDR 294.900.000 |
ALPHA MT Hybrid | IDR 293.900.000 |
ALPHA AT Hybrid | IDR 304.900.000 |